Pulau Tidung: Pulau surga di dekat Jakarta

4th Aug 2019

Tahukah Anda kalah sekitar 40 km saja dari ibukota Anda bisa menikmati pantai berpasir putih yang indah, aneka water sport yang seru, menyantap kuliner hidangan laut yang segar, serta menjelajahi pemandangan bawah laut yang luar biasa. Nah, semua ini bisa Anda alami bila berlibur ke Pulau Tidung. Pulau wisata Tidung ini adalah bagian dari Kecamatan Kepulauan Seribu dan sangat cocok untuk melewatkan liburan akhir pekan bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya.

Serba-serbi Pulau Tidung

Di antara deretan pulau-pulau kecil Kecamatan Kepulauan Seribu, pulau wisata Tidung adalah yang paling besar dan paling banyak penduduknya. Pulau ini kerap disebut pulau kembar karena selain pulau utama yang disebut Tidung Besar ada pula pulau kecil di dekatnya yang disebut Tidung Kecil. Pulau kecil ini tak dihuni namun dikhususkan sebagai kawasan konservasi tanaman mangrove. Beberapa wisatawan juga sering menjadikan pulau ini sebagai camping ground.

Aktivitas wisata yang bisa dilakukan

Jangan takut bosan kalau berlibur ke Pulau Tidung karena ada banyak aktivitas wisata yang bisa Anda coba. Pertama Anda bisa menjelajah Tidung Kecil dengan melintasi jembatan sepanjang 700 meter yang menghubungkan kedua pulau tersebut. Jembatan ini disebut Jembatan Cinta dan bagi Anda yang bernyali coba saja untuk terjun ke laut dari jembatan dengan ketinggian sekitar 7 meter ini. Selain jalan kaki Anda juga bisa bersepeda untuk melintasi jembatan ini. Tak perlu repot membawa sepeda sendiri dari rumah karena penduduk setempat banyak yang membuka jasa persewaan sepeda untuk pengunjung.

 

Acara liburan Anda ke Kepulauan Seribu kurang seru bila melewatkan acara snorkeling. Pulau wisata Tidung mempunyai cukup banyak spot snorkeling yang indah. Arusnya pun cenderung tenang dan banyak ikan beraneka jenis di tempat ini. Untuk memancing mereka sangat mudah, coba taburkan makanan ikan dan dalam waktu singkat ikan-ikan pasti berenang merubung Anda. Paling disarankan Anda melakukan aktivitas renang dangkal ini sekitar pukul 07.00 pagi hingga 08.00. Selain itu Anda juga bersnorkeling ria mulai pukul 1 siang hingga pukul 2.

Bila tenaga Anda masih cukup banyak tersisa setelah snorkeling, lanjutkan saja dengan mencoba water sport atau wahana permainan air. Di pulau wisata Tidung tersedia banana boat, jet ski, sepeda air, kano, water sofa, donut boat, atau bagi yang lebih suka menguji kekompakan dengan para sahabat, paket permainan airsoft gun cocok untuk Anda coba.

Mengakses Pulau Tidung

Tak sulit untuk menuju lokasi wisata ini. Anda bisa menggunakan kapal feri penyebrangan dari Muara Angke, Jakarta Utara dengan jadwal keberangkatan pukul 07.00 WIB. Lama perjalanan adalah sekitar 2 hingga 3 jam sehingga persiapkan diri sebaik mungkin agar tetap nyaman selama di perjalanan. Jangan lupa membawa bekal makanan, snack, dan minuman sebagai pengganjal perut karena Anda tak akan menemukan penjual makanan di dalam kapal. baca paket pulau tidung paling murah 

Selain itu Anda juga bisa naik kapal cepat milik Dinas Perhubungan yang dapat memuat maksimal 20 orang. Terakhir, adalah menyewa speed boat dari Marina Bay Ancol yang tentu tak membutuhkan waktu terlalu lama untuk mencapai tujuan, hanya sekitar 1.5 jam saja. Tapi tarif moda transportasi ini lebih mahal dibandingkan kapal feri penyebrangan yang berangkat dari Muara Angke.

Terkait tentang penginapan, di Pulau Tidung ini Anda tak akan menemukan resort atau pun hotel. Pengelolaan pariwisata di pulau ini berbasis masyarakat sehingga pengunjung disediakan homestay-homestay milik masyarakat. Dengan tarif menginap antara 200 hingga 400 ribu, Anda sudah mendapatkan fasilitas standar seperti kamar yang bersih, pendingin ruangan, televisi, serta dispenser.