Kisah di Balik Pulau Onrust yang Harus Anda Ketahui

Kisah di balik Pulau Onrust memang memiliki berbagai cerita yang mungkin belum diketahui kebanyakan orang. Pulau ini letaknya berdekatan dengan pulau lainnya yang termasuk ke dalam wisata taman Arkeologi Onrust, yaitu Pulau Kelor, Pulau Cipir dan Pulau Bidadari. Kawasan ini menjadi sebuah destinasi wisata sejarah yang menarik untuk dikunjungi.

Pada zaman kolonial Belanda, VOC menjadikan Pulau Onrust sebagai pelabuhan kapal dan gudang lengkap dengan benteng pertahanan awal Batavia. Akibat dari aktivitasnya yang padat, Pulau Onrust seringkali disebut dengan pulau yang tidak pernah beristirahat. Nama Onrust diambil dari bahasa Belanda yang berarti tidak pernah beristirahat.

Namun ada cerita lain di balik nama Onrust, di mana katanya nama Onrust ini berasal dari nama penghuni pulau yang masih keturunan bangsawan Belanda, yaitu Bass Orust Cornelis van der Waick. Di pulau ini terdapat banyak sekali peninggalan arkeolog pada masa kolonial Belanda dan sebuah rumah utuh yang dijadikan Museum.

Pulau ini seolah merangkum kepingan peninggalan sejarah yang ada hubungannya dengan Benteng Martello di Pulau Kelor Cipir. Dari pulau inilah sejarah peninggalan masa kolonial di Laut bermula. Namun, kini semua aktivitas tersebut tinggallah kenangan. Pulau ini kini seperti sebuah kota hancur akibat peperangan.

Kisah Bersejarah di Pulau Onrust

Dulu, pulau ini menjadi sebuah tempat hilir mudik kapal angkatan laut Belanda, namun kini tidak lagi dan menjadi tempat hilir mudik kapal para nelayan dan kapal motor yang mengangkut wisatawan tour. Di sini juga ada makam populer, yaitu makan Maria Van de Velde dan makan tua Belanda yang lainnya.

Pulau Onrust kini ditempati oleh dua kepala keluarga yang mana mereka telah bermukim di sini, sebelum pulau ini mendapat pengesahan sebagai cagar budaya oleh Gubernur DKI Jakarta Ali Sadikin pada tahun 1972. Pada saat masa kemerdekaan, pulau ini sempat menjadi rumah sakit Karantina.

Apalagi bagi para penderita penyakit yang bisa menular. Kisah di balik Pulau Onrust yang lainnya, ialah di sini terdapat banyak sekali bangunan bekas penjara yang masih terjaga dengan baik sehingga masih terlihat bagus. Pada tahun 1960-1965, Pulau Onrust pernah dimanfaatkan untuk menampung masyarakat tuna wisma.

Meskipun sempat terbengkalai akibat adanya pembongkaran besar-besaran dan penjarahan bangunan oleh penduduk di Pulau Onrust, ternyata pulau ini dulu pernah jadi tempat latihan militer.

Objek Wisata Pulau Onrust

Kisah di balik Pulau OnrustDi balik kisah Pulau Onrust yang begitu bersejarah, kini tempat ini justru menjadi sebuah objek wisata yang banyak sekali dikunjungi para wisatawan. Bukan karena tempatnya yang begitu kental dengan sejarah, namun juga karena tempat ini menawarkan panorama yang sangat menarik. Sehingga sangat disayangkan jika Anda tidak mengunjungi tempat ini.

Di Pulau ini Anda bisa berwisata sambil mengingat sejarah Indonesia. Pulau ini memiliki beberapa bangunan zaman penjajahan Belanda seperti benteng dan dan pelabuhan kuno. Pulau-pulau lainnya yang ada di sekitarnya adalah Pulau Bidadari (dulu bernama pulau sakit), Pulau Cipir (Pulau Kahyangan) dan Pulau Kelor dibangun untuk turut mendukung pulau ini.

Kisah di balik Pulau Onrust yang penuh sejarah, sama seperti kepulauan seribu yang lainnya, di sini Anda juga bisa menikmati alam bawah laut yang indah. Untuk melihatnya secara langsung, Anda bisa snorkelilng atau diving. Anda juga bisa menyewa kapal untuk berkeliling mengitari pulau dan melihat keindahannya.

Jika Anda ingin menghabiskan waktu lebih lama lagi di sini, Anda bisa menyewa penginapan yang ada di sana. Penginapan ini bisa Anda sewa dengan beragam harga sesuai fasilitas yang disertakan di dalamnya. Demikianlah kisah di balik Pulau Onrust yang harus Anda ketahui di balik keindahannya yang mampu menarik banyak wisatawan.

Tinggalkan komentar