trip pulau bira

Destinasi Wisata Seru di Kepulauan Seribu Untuk Melepas Penat

Tinggal di Kota Jakarta kurang lengkap rasanya jika belum merasakan liburan di Kepulauan Seribu atau sering di sebut dengan julukan pulau seribu. Tempat ini merupakan gugusan kepulaun yang letaknya dari jauh dari Kota Jakarta. Walaupun Jakarta identik dengan bangunan tinggi dan kepadatan, namun siapa sangka masih ada pulau indah di dalamnya.

Wilayah ini merupakan salah satu destinasi wisata populer bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya. Wilayah ini terdiri dari ratusan pulau kecil yang memiliki daya tarik berbeda-beda sehingga banyak aktivitas seru yang bisa anda lakukan untuk mengisi waktu liburan mulai dari bermain di pantai hingga mengeksplor keindahan bawah lautnya.

Untuk bisa menikmati liburan di pulau ini anda harus menyeberang terlebih dahulu. Ada beberapa alternative lokasi penyeberangan yang bisa ada gunakan salah satunya melalui pelabuhan penyeberangan Muara Angke. Dari sini anda akan dibawa naik kapal feri menuju Kepulauan Seribu dengan waktu tempuh kurang lebih 3 sampai 4 jam perjalanan.

Sebagai destinasi wisata favorit, pulau ini menawarkan beragam aktivitas seru untuk pengunjungnya yang tersebar di berbagai wilayah di pulau tersebut. Anda bisa mengeksplore semuanya atau hanya cukup satu tempat saja. Jika tertarik mengeksplore lebih banyak, berikut beberapa aktivitas seru yang bisa anda lakukan saat berlibur ke Kepulauan Seribu.

Menikmati Surga Bawah Laut di Pulau Bira

tour pulau biraSalah satu aktivitas seru yang tak boleh terlewatkan saat berlibur ke pulau ini adalah mengeksplor keindahan bawah lautnya. Hampir setiap wilayah di gugusan kepulauan tersebut memiliki pemandanga bawah laut yang indah, akan tetapi jika ingin mendapatkan pemandangan terbaik, Pulau Bira bisa menjadi pilihan.

Pulau Bira merupakan salah satu dari sekian banyak pulau yang ada di gugusan Kepulauan Seribu. Pulau ini memang terkenal dengan surga bawah lautnya yang menakjubkan. Disini anda bisa melihat berbagai biota laut mulai dari ikan warna-warni hingga beberapa jenis terumbu karang.

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk menikmati keindahan Pulau Bira ini, mulai dari berenang langsung atau juga bisa dengan snorkeling atau bahkan diving. Semua aktivitas tersebut pastinya seru dan tetap menyenangkan yang bisa anda sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan anda.

Jika tertarik untuk melakukan snorkeling atau diving, pengelola pulau ini juga telah menyediakan penyewaan untuk peralatannya. Anda hanya perlu membayar untuk sewa alat snorkeling sebesar Rp 35.000 dan untuk perlengkapan diving sekitar Rp 200.000. Dengan adanya penyewaan tersebut pastinya anda tidak perlu repot dan bingung jika ingin mengeksplore keindahan bawah laut Kepulauan Seribu.

Mencoba Beragam Waterspot Seru di Pulau Sepa

Wisata Pulau Sepa Menyelam Di Pulau SeribuBerlibur ke pulau atau pantai kurang lengkap jika tidak mencoba olahraga airnya. Kepulauan Seribu memiliki banyak wahana air seru yang wajib anda coba. Sayangnya wahana sport yang disediakan pengelola masih tersebar di beberapa tempat. Padahal jika dipusatkan dalam satu pulau pasti akan lebih menyenangkan.

Dari sekian banyak pulau yang menyediakan wahana waterspot, Pulau Sepa adalah paling lengkapnya. Disini anda akan disuguhkan berbagai macam wahana sport seru yang bisa menguji adrenalin anda mulai dari banana boat, jet ski, water ski, aqua board hingga knee board. Semua wahana tersebut dijamin bisa membuat adrenalin anda semakin terpacu.

Untuk bisa menikmati berbagai wahana waterspot yang ada di Kepulauan Seribu, wisatawan harus mengeluarkan kocek untuk masih-masih wahananya. Besarannya biaya juga sangat bervariasi mulai dari Rp 75.000 hingga Rp 300.000 tergantung jenis wahana yang anda mainkan. Biaya tersebut pastinya sudah termasuk perlengkapan keselamatan yang memadai.

Menikmati beragam wahana watersport paling seru dilakukan pada sore hari. Di waktu tersebut matahari sudah terlalu terik sehingga kulit anda tidak akan terbakar. Selain itu pemandangan pantai dan laut akan jauh lebih indah pada saat sore hari. Setelah selesai bermain anda bisa bersantai dipantai sambil menunggu waktu matahari terbenam. Semua lelah dan capek pasti akan hilang dengan melihat panorama alam yang indah.

Wisata Edukasi di Pulau Harapan

pulau harapanWilayah Kepulauan Seribu tidak hanya difungsikan sebagai tempat wisata saja. Akan tetapi beberapa wilayah juga dikembangkan sebagai tempat konservasi biota laut salah satunya di Pulau Harapan. Di Pulau ini anda bisa menemukan sebuah penangkaran penyu yang diinisiasi oleh Departemen Kelautan.

Di tempat ini, penyu-penyu dirawat dan dijaga untuk memastikan populasinya aman. Proses penangkaran biasanya dimulai dari mengambil telur penyu dari pantai kemudian dibawa ke tempat penetasan. Langkah ini dilakukan untuk memastikan telur-telur tersebut aman dari predator sehingga bisa menetas dengan baik.

Setelah dianggap cukup kuat untuk bertahan hidup di alam bebas, penyu-penyu tersebut akan dilepaskan kembali ke lautan. Jika beruntung, anda juga bisa ikut melepaskan tukik-tukik tersebut kelautan di sekitaran Kepulauan Seribu. Ini pastinya bisa menjadi salah satu aktivitas liburan yang sangat menyenangkan.

Selain terdapat penangkaran penyu, Pulau Harapan juga memiliki kolam penangkaran hiu. Disini anda bisa melihat puluhan hiu berenang bebas di tepian dermaga. Jika memiliki nyali cukup besar, anda juga bisa mencoba berenang dengan hiu-hiu tersebut. Pastinya harus dengan pendampingan pengelola agar aman.

Ikan hiu yang ada di Pulau Harapan sudah jinak sehingga tidak akan membahayakan pengunjung. Jika anda tidak punya cukup nyali untuk berenang bersama hiu-hiu tersebut, anda bisa memberi makan saja. Pengelola biasa juga menjual pakan ikan hiu tersebut yang berupa ikan-ikan kecil.

Menelusuri Sejarah di Pulau Onrust, Cipir dan Kelor

Bagi anda yang suka dengan wisata sejarah, Kepulauan Seribu juga menawarkan destinasi wisata menarik. Lokasinya berada di tiga pulau yaitu Pulau Onrust, Pulau Cipir dan juga Pulau Kelor. Pulau-pulau tersebut sangat kental dengan nilai sejarah dengan banyaknya benteng-benteng kuno peninggalan jaman Belanda yang bisa anda susuri.

Salah satu benteng yang cukup populer di kalangan wisatawan adalah Benteng Martello yang berada di kawasan Pulau Kelor. Benteng ini merupakan peninggalan jaman Belanda yang sudah ada sejak abad 17-an. Di pulau-pulau tersebut juga terdapat museum-museum yang bisa anda kunjungi untuk menambah wawasan sejarah anda.

Selain berwisata sejarah, pengunjung juga kerap mengabadikan moment saat berada di pulau-pulau tersebut. perpaduan antara bangunan tua dan pemandangan laut pulau seribu yang indah, mampu menciptkan potret sempurna. Jadi jangan heran jika menemukan banyak wisatawan yang bersua foto di lokasi bentent-benteng tersebut.

Itulah ulasan seputar berbagai aktivitas seru yang bisa anda lakukan saat berlibur di pulau dekat Kota Jakarta tersebut. Walaupun lokasinya dekat dengan Kota Jakarta, akan tetapi banyak aktivitas menarik dan seru yang bisa anda lakukanĀ  disana mulai dari mengeksplor wisata bawah laut, menikmati panorama pantai, wisata sejarah dan edukasi hingga menginap nyaman di cottage unik di Pulau Ayer. Maka dari itu, jangan lupa masukkan Kepulauan Seribu dalam list liburan anda ya..