pulau harapan

Backpacker Pulau Harapan, Begini Rincian Lengkap Perjalanannya

Backpacker Pulau Harapan bisa jadi alternatif bagi traveler yang ingin menghabiskan waktu liburan anti mainstream. Terutama bagi kalangan masyarakat sekitar ibukota sendiri, tidak perlu jauh-jauh ke luar Jawa untuk menemukan surga tersembunyi. Pulau Harapan bisa jadi solusi yang tepat bagi Indonesia yang sedang mencari tempat liburan dekat dan tidak menguras kantong.

Untuk berlibur ke Pulau Harapan sebenarnya sangat mudah karena cukup banyak informasi informasi terkait akomodasi ke salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini. Meskipun dekat dengan ibu kota, bukan berarti wilayah di perairan Pulau Seribu ini tercemar loh. Karena khususnya untuk Pulau Harapan sendiri masih sangat terjaga keasliannya dan bahkan perairan yang masih bening.

Sesuai dengan namanya, Pulau Harapan menandakan bahwasanya sebagai salah satu harapan wisata bahari di DKI Jakarta yang memiliki kawasan laut alami dan jernih. Karena seperti yang kita tahu bahwa beberapa kawasan di Kepulauan Seribu sudah ada yang direklamasi. Itulah mengapa backpacker Pulau Harapan bisa jadi alternatif piknik yang recommended.

Sekilas Mengenai Pulau Harapan

Pulau Harapan menjadi salah satu pola pemukiman yang berada di kawasan Kepulauan Seribu. Selain Pulau Pramuka, Pulau Pari dan Pulau Tidung, kawasan Pulau Harapan ini memang terlihat paling alami meskipun sudah berpenduduk. Karena masih belum ada polusi yang mencemari lingkungan kawasan Pulau ini. salah satu faktornya mungkin karena Pulau Harapan berada paling utara di Kepulauan seribu.

Pulau Harapan berada kurang lebih 60 km dari daratan Jakarta. Meskipun harus menempuh perjalanan yang lumayan lama yaitu 3 sampai 4 jam, tapi dijamin momen indah yang akan wisatawan temukan di Pulau ini benar-benar membayar tuntas perjalanan yang lama itu. Apalagi di sekitar Pulau Harapan terdapat banyak sekali pulau-pulau kecil tak berpenghuni yang sering dijadikan sebagai lokasi camping para backpacker Pulau Harapan.

Ada beberapa pulau kecil yang berada di sekitar Pulau Harapan seperti Pulau Putri, Pulau Perak, Pulau Bulat, Pulau Bira dan masih ada puluhan lainnya. Untuk menuju ke pulau-pulau kecil tersebut bagi wisatawan bisa menyala kapal nelayan dengan harga yang ramah.

Banyak yang tertarik untuk mencoba backpacker Pulau Harapan tanpa menggunakan agen wisata. Alasan lainnya karena lebih murah dan bisa meminimalisir pengeluaran. Dengan menggunakan agen wisata mungkin banyak yang kurang puas karena harus terikat oleh jadwal penyedia jasa agen tour and travel tersebut. Mari kita bahas lebih lanjut tentang Pulau Harapan dan informasi apa saja yang bermanfaat bagi yang ingin backpacker ke pulau ini.

Transportasi Menuju Pulau Harapan

Bagi yang tertarik untuk backpacker Pulau Harapan maka wajib mencari tahu terlebih dahulu transportasi menuju ke pulau ini agar nantinya anda tidak kebingungan. Karena kapal penyebrangan dari Jakarta ke Pulau Harapan ini terjadwal. Tidak sembarangan penumpang bisa menaiki kapal di jam berapa saja.

Untuk menuju ke Trip Pulau Harapan ada dua tempat yang bisa dijadikan sebagai lokasi pemberangkatan anda. Yaitu kapal dari Muara Angke atau melalui Marina Ancol. Tapi karena di sini tujuannya untuk backpacker dan lebih hemat, maka anda harus berangkat dari Muara Angke yang menawarkan tarif penyeberangan lebih terjangkau meskipun dengan waktu lebih lama.

Bagi Anda yang mendapatkan informasi tempat penyebrangan Muara Angke atau kali adem, keduanya sama saja. Muara Angke adalah lokasinya sedangkan Kaliadem adalah dermaganya. Anda bisa menyebrang ke Pulau Harapan menggunakan kapal yang menuju ke sana. Karena kebanyakan kapalnya berjenis sama, sehingga jangan ragu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar harus menaiki kapal yang mana untuk menuju ke Pulau Harapan.

Tarif yang dipatok untuk menyebrang dari Jakarta ke Pulau Harapan berkisar mulai dari Rp 50.000. tips untuk backpacker Pulau Harapan, pastikan untuk datang lebih pagi jika tidak mau ketinggalan kapal. Karena kapal akan berangkat jam 8 pagi dengan lama perjalanan kurang lebih 3 jam. Jadi, jangan sampai telat, daripada harus menunggu besoknya lagi bukan.

Kegiatan Selama Backpacker di Pulau Harapan

Sebenarnya apa saja sih yang bisa dilakukan oleh para backpacker saat liburan di Pulau Harapan? Tentunya karena tempat wisata ini menawarkan diri sebagai wisata bahari yang alami, bagaimana kegiatan yang paling umum dilakukan oleh wisatawan yaitu snorkeling dan menikmati pemandangan pantai yang sangat eksotis.

Tapi perlu diketahui bahwa inti dari backpacker Pulau Harapan ini bukan hanya sebatsas pulau induknya saja. Karena seperti yang disinggung sebelumnya bahwa ada beberapa pulau kecil di sekitar Pulau Harapan. Nah, Anda bisa memanfaatkan pulau-pulau kecil itu untuk menikmati private beach alias seperti pantai pribadi. Jika anda tidak bisa mendapatkan suasana ketenangan di Pulau Harapan, Anda bisa menyeberang ke pulau-pulau kecil sekitarnya.

Selain itu, para wisatawan juga bisa berkunjung ke penangkaran penyu yang berada di kawasan Pulau Harapan ini. Cukup dengan membayar biaya retribusi 5000 saja untuk masuk ke kawasan penangkaran penyu penyu yang lucu. Tidak hanya itu saja, wisatawan bahkan bisa melakukan kegiatan memancing menggunakan alat pancing yang disebabkan oleh penduduk setempat. Wah, seru sekali bukan?

Tipa Backpacker Pulau Harapan

Bagi Anda yang tertarik untuk backpacker ke Pulau Harapan, ada beberapa tips yang mungkin bisa jadi informasi penting untuk anda. Salah satunya teks dalam mencari homestay murah. Jika beruntung, Anda bisa mendapatkan tempat penginapan dengan harga mulai dari Rp 150.000 saja. Tidak ada salahnya Anda keliling pulau terlebih dahulu sampai menemukan tempat penginapan yang paling pas. Jangan ragu untuk bertanya terlebih dahulu terkait harga penginapan agar tidak terjadi kesalahpahaman.

Beberapa spot snorkeling yang bisa anda kunjungi seperti Pulau Macan, Pulau Perak dan Pulau Genteng. Setiap spot menawarkan kecantikannya sendiri. Wisatawan yang memutuskan untuk snorkeling di wilayah Pulau Harapan, maka wajib berhati-hati dan tidak ada yang menyentuh biota laut. karena ada beberapa biota laut yang terindikasi beracun. Cukup dinikmati saja dan jangan diganggu apalagi dipegang-pegang.

Jangan lupa untuk mampir ke Pulau Harapan Gosongan ketika air laut sedang surut. Di sini semacam gumuk pasir kecil yang berada di tengah lautan. Momennya sangat indah sekali jika punya kesempatan untuk menuju ke kawasan ini. Karena Gosongan jadi spot terbaik untuk menikmati sunset.

Tidak hanya itu saja, para backpacker Pulau Harapan juga wajib mengunjungi Pulau Bira dan Pulau Bulat. Karena kedua pulau tersebut bisa diibaratkan sebagai private island yang mana bangunannya cuma ada cottage, mirip seperti resort di maldive.

Pokoknya sangat keren untuk berfoto ria.Pulau Bulat juga bisa jadi spot sunset karena tidak terhalang oleh apapun. Jadi bagaimana? Kapan punya waktu untuk liburan? Yuk, coba rasakan sensasi liburan hemat ala backpacker Pulau Harapan yang dijamin akan meninggalkan kesan tak terlupakan.

2 pemikiran pada “Backpacker Pulau Harapan, Begini Rincian Lengkap Perjalanannya”

Komentar ditutup.