Terungkap Mitos dan Misteri Di Pulau Tidung Yang Belum Diketahui

2nd Oct 2017
pulau tidung

Terungkap Mitos dan Misteri Di Pulau Tidung Yang Belum Diketahui. Apakah anda pernah berfikir bahwa setiap tempat di dunia ini pasti memiliki kisah, mitos, misteri dan keunikannya sendiri? Begitupun dengan Pulau Tidung, karena selain indah dan mempesona, ternyata pulau ini juga menyimpan segudang rahasia dan misteri yang sampai sekarang tidak ada yang tahu kebenaran pastinya. Diantara mitos dan misteri tersebut, ada beberapa yang bahkan sudah dikenal dan diceritakan secara luas melalui ujaran lisan, media tulis maupun media online oleh banyak orang. Dan kisah dan misteri tersebut bukan hanya diceritakan oleh penduduk setempat pulau saja, tetapi juga oleh wisatawan yang pernah datang ke Pulau Tidung dan merasakan atau menyaksikan misteri itu sendiri. (baca sejarah pulau onrust)

Jika anda ingin tahu mitos dan misteri apa saja yang ada di Pulau Tidung, berikut adalah sebagian ceritanya.

Mitos dan Misteri jembatan Cinta

Pulau Tidung adalah pulau yang luasnya sekitar 109 hektar dan dihuni oleh kurang lebih 5000 penduduk setempat. Pulau ini terdiri dari dua pulau yaitu Pulau Tidung Kecil, dan Pulau Tidung Besar. Bila anda pergi ke Pulau Tidung, maka anda pasti tau tentang Jembatan Cinta. Jembatan yang dibangun dengan tujuan untuk menghubungkan Pulau Tidung Kecil dan Pulau Tidung Besar.

Jembatan Cinta dikenal juga sebagai icon dari Pulau Tidung. Dari Pulau Tidung Besar, jika anda ingin pergi berkunjung ke Pulau Tidung Kecil, maka anda harus melewati Jembatan ini. Jembatan Cinta bisa menjadi salah satu tempat berfoto favorit anda karen dari sana anda bisa melihat pemandangan laut yang indah. Selain itu anda juga bisa menyaksikan moment matahari terbit atau matahari tenggelam yang menawan dari jembatan ini.

Namun, apakah anda tahu bahwa ada beberapa mitos dan misteri tentang Jembatan Cinta yang cukup beredar dan terkenal dikalangan penduduk lokal maupun wisatawan? Mitos dan misteri tersebut diantaranya sebagai berikut:

  • Melompat Dari Atas Jembatan Cinta di Pulau Tidung Dapat Membersihkan Pikiran

Saat anda menyebrangi Jembatan Cinta, tidak jarang anda akan melihat banyak anak-anak kecil yang bermain di jembatan dan juga melompat dari atas jembatan. Mereka berbondong-bondong melompat dengan gaya yang beragam kemudian terjun bebas di atas lautan yang biru dan jernih. Jika anda tertarik, andapun bisa ikut untuk terjun dari atas jembatan. Karena pastinya akan sangat menarik dan menghibur.

Akan tetapi, selain keseruan yang bisa anda dapatkan, melompat dari atas Jembatan Cinta juga dipercaya dapat membersihkan pikiran-pikiran anda.  Mitos dan kepercayaan ini tidak hanya beredar pada masyarakat sekitar, namun juga dipercaya oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Tidung. Hal ini mungkin benar jika dilihat dari tingkat keseruan dan kesenangan yang bisa didapatkan dari terjun ke lautan tersebut. Karena pastinya akan sangat mendebarkan jika kita bisa terjun bebas dari jembatan dengan ketinggian sekitar 6 meter ini. Keseruan lain juga bisa kita dapatkan saat sudah mendarat yaitu dengan berenang di lautan yang biru, jernih serta luas  tersebut.

Meskipun begitu, ada juga masyarakat dan wisatawan yang beranggapan bahwa mitos tersebut hanya sekedar omong kosong belaka. Ditambah lagi, untuk anda yang tidak berani untuk terjun dan melompat bebas dari ketinggian 6 meter tersebut lebih baik tidak memaksakan diri anda agar terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan.

  • Menyebrangi Jembatan Cinta Dapat Membuat Pasangan Bertambah Langgeng

Bagi anda yang mempunyai pasangan, mitos ini pastinya akan terasa menarik untuk diselidiki lebih lanjut kebenarannya. Pasalnya, dari nama jembatannya saja sudah unik, yiutu Jembatan Cinta yang disebut-sebut sebagai penghubung cinta. Khusus untuk mitos ini, sudah terbukti banyak yang sudah mencobanya saat berwisata ke Pulau Tidung.

Menurut cerita, Jembatan Cinta diibaratkan sebagai jalan percintaan yang tidak mulus dan banyak halangan serta rintangannya. Karena itu, jika ada sepasang kekasih yang menyebrangi jembatan ini bersama-sama sampai dari ujung satu sampai ujung jembatan satunya lagi tanpa ada halangan apapun, maka pasangan tersebut dikatakan akan langgeng terus nantinya. Akan tetapi jika salah satu dari pasangan merasa takut ditengah jalan, atau merasa ingin kembali ke belakang, maka dikatakan bahwa pasangan tersebut tidak akan bertahan lama. Ketakutan atau kebimbangan saat melewati Jembatan Cinta bersama pasangan dianggap sebagai pertanda buruk bahwa pasangan anda mungkin tidak setia, tidak konsisten atau memang tidak saling berjodoh.

READ  Home Stay di Pulau Tidung

Meskipun begitu, kita semua tahu bahwa yang namanya jodoh memang tidak ada yang bisa mengetahuinya kecuali Tuhan. Oleh karena itu alangkah baiknya jika kepercayaan tersebut hanya untuk sekedar seru-seruan saja atau penyemangat hubungan agar bisa saling setia sampai nati.

Mitos dan Misteri Makam di Pulau Tidung Kecil yang Angker

Mitos dan misteri tentang Pulau Tidung Kecil sebenarnya bermula dari asal muasal pulau tersebut dinamakan Pulau Tidung. Seperti banyak sumber mengatakan bahwa penamaan Pulau Tidung berasal dari kisah seorang Raja dari suku Tidung di wilayah Kalimantan Timur bernama Raja Pandita yang diasingkan ke pulau ini oleh koloni Belanda pada masa penjajahan. Kemudian Pulau tempat pengasingan raja tersebut dinamakan Pulau Tidung. Kemudian datang lagi seorang tetua yang terkenal dengan gelar Panglima Hitam ke pulau tersebut. Dua orang tersebutlah yang kemudian menjadi penduduk pertama Pulau Tidung sampai akhir hayatnya. Kedua orang tersebut kemudian dimakamkan di Pulau Tidung Kecil. Selain makan kedua orang tetua tersebut, Pulau Tidung Kecil juga digunakan sebagai makam dari para penduduk setempat yang tinggal di Pulau Tidung Besar.

Dari cerita tersebut, kemudian muncul kepercayaan dan mitos bahwa Pulau Tidung Kecil angker. Hal ini mungkin bisa terjadi jika dilihat dari faktor pulaunya yang memang tidak dihuni oleh penduduk, sepi dan juga terdapat banyak makam. Secara umum, tentunya jika kita melihat ada makam di tempat yang sepi tanpa ada seorangpun yang tinggal disekitarnya, kita akan merasakan horror dan takut untuk mengunjungi tempat tersebut. ditambah lagi jika kita mengunjunginya pada saat malam hari.

Mitos dan Misteri Ujung Pulau Tidung Kecil

Selain mitos dan misteri makam tetua Pulau Tidung, ada juga cerita tentang seseorang yang penasaran dengan ujung dari Pulau Tidung Kecil. Kemudian orang tersebut nekat untuk pergi ke sana karena penasaran ingin tahu apa yang ada di ujung pulau tersebut. Akan tetapi orang tersebut tidak kembali dalam waktu yang lama. Kemudian saat kembali dia mengatakan bahwa dia tadi tersesat dan memang disesatkan oleh makhluk halus yang mengaku penjaga dari Pulau Tidung.

Selain itu ada juga yang mengatakan bahwa di ujung Pulau Tidung Kecil ada makam yang panjangnya 2 meter dan disekitar ujung pulau tersebut dibatasi oleh tanaman yang memang sengaja ditanam agar pengunjung tidak pergi ke ujung Pulau Tidung Kecil. Kejadian tersebut dikaitkan dengan pengakuan beberapa orang yang mengatakan bahwa mereka melihat sesosok laki-laki berjubah putih dan seorang wanita yang berada di pohon besar di ujung pulau. Ada yang beranggapan bahwa penampakan tersebut merupakan penampakan dari para penjaga pulau yang berusaha melindungi dan menjaga Pulau Tidung dari abrasi air laut.

Terlepas dari benar atau tidaknya, mitos yang beredar tersebut, alangkah baiknya jika kita tetap berfikiran positif dan tetap memegang teguh kepercayaan yang kita anut. Sehingga tidak mempengaruhi kesenangan kita untuk berwisata di Pulau Tidung yang elok nan mempesona.

Akan tetapi tentunya kita juga harus senantiasa selalu menjaga sikap dan perbuatan kita dimanapun kita berada. Baik menjaga ucapan, perbuatan, tingkah laku, maupun, pikiran dan hati kita. Hal ini penting agar kita selalu selamat dan dilindungi oleh Yang Maha Kuasa.

Related Post

15 Jenis Mangrove Sejati Yang Ada di Kepulauan Seribu Wisata bahari tentunya tidak jauh dengan adanya mangrove. Tentu kalian sudah tahu dengan manfaat melestarikan tanaman ini untuk menghindari erosi atau pengikisan air laut. Di kepulauan seribu mangrove juga bisa menjadi objek wisata kalian ketika bera...
10 Pulau Terindah Tereksotik Terbaik di Kepulauan Seribu Pulautidungpaket.com. 10 Pulau Terindah Tereksotik Terbaik di Kepulauan Seribu. Keindahan alam yang sangat memukau di kepulauan seribu sangat tak diragukan lagi. Banyak wisatawan khususnya para diver mengatakan kalau wisata di kepulauan seribu bagaik...
Tips sebelum berangkat liburan atau berwisata Pastikan segala keperluan sebelum berlibur sudah anda persiapkan terlebih dahulu, agar kelak anda tidak kebingungan saat sedang berlibur. Informasi Tips sebelum berangkat liburan atau berwisata sekaligus menjadi salah satu cara buat anda yang ingin m...
Mengenal Sejarah Kepulauan Seribu Indonesia Mengenal Tentang Pulau Tidung yang ada di Indonesia lebih popular di bandingkan dengan nama Pulau Seribu walau memang sebenarnya Pulau Tidung adalah wilayah kepulauan seribu, beberapa orang menyatakan Pulau Tidung adalah balinya Jakarta, kepopuleran ...
Booking Tiket Pulau Tidung Sekarang Untuk Libur Lebaran Mengantisipasi melonjaknya pengunjung di tempat wisata kepulauan seribu khususnya untuk pulau tidung, calon wisatawan bisa memesan tiket wisata disini. Hal ini berkaca pada libur kenaikan isa al masih beberapa pekan lalu yang mana jumlah pengunjung m...