Ternyata Sejarah Nama Pulau Onrust Kepulauan Seribu Seperti Ini

6th Aug 2017

Banyak sekali wisatawan yang berkunjung ke pulau onrust, salah satu dari kepulauan seribu. Apakah kalian tahu sejarahnya? Ternyata Sejarah Nama Pulau Onrust Kepulauan Seribu Seperti Ini, pulau onrust dikepulauan seribu yang memiliki keterkaitan sejarah yang kuat bagi kerajaan Banten, Jayakarta, dan VOC Hindia Belanda.

Dimana Lokasi Pulau Onrust

Pulau Onrust sendiri berada dikawasan Pulau seribu, untuk mencapai Pulau Onrust sangatlah mudah, saat ini ada 3 pelabuhan laut dari Jakarta yang dapat mengantar penumpang ke pulau tersebut, yaitu ; pelabuhan Marina Ancol, pelabuhan Kali Adem dan pelabuhan Muara Kamal. Dari ketiga pelabuhan tersebut, yang paling dekat dengan Pulau onlust adalah pelabuhan Muara Kamal. Namun bagi Anda yang menginginkan perjalanan menggunakan kapal speedboat cepat dapat melalui Marina Ancol sebagai start point keberangkatannya.

Jika menggunakan kapal tradisional Pulau Onrust dapat dicapai dalam waktu 10-15 menit saja melalui pelabuhan Muara Kamal, dan melalui pelabuhan Marina Ancol dapat dicapai dengan waktu 30 menit menggunakan kapal speedboat. Pulau Onrust sendiri berdekatan dengan dengan pulau Bidadari, pulau Ayer, pulau Kahyangan dan pulau Cipir. Ketiga pulau tersebut merupakan pulau-pulau yang paling dekat dengan pantai Jakarta.

 

Mengapa Dinamakan Pulau Onrust

Penduduk dilingkungan Kepulauan Seribu mengenal pulau ini dengan nama pulau Kapal, sebab asal muasalnya pada pertengahan abad 17 hingga 18 dipulau ini banyak berlabuh kapal-kapal VOC yang pada saat itu merupakan kongsi dagang Jayakarta sebutan Jakarta pada saat itu. Karena banyaknya kapal-kapal itu maka banyak penduduk sekitar dan nelayan menamainya dengan sebutan ‘pulau Kapal’.

Pihak Belanda sendiri dan pekerja-pekerja yang mendiami pulau tersebut pada saat itu (sekitar abad 17) telah memberikan nama kepada pulau tersebut dengan sebutan Onrust yang artinya ‘tanpa istirahat/sibuk’, nama itu mengacu kepada kondisi pulau yang saat itu selalu sibuk baik pagi sampai malam hari dalam melakukan kegiatan bongkar muat barang dan kegiatan perbaikan kapal yang pada saat itu pulau Onrust merupakan pusat Galangan kapal besar Belanda di Asia.

 

Sumber artikel :

– Buku dinas pariwisata dan kebudayaan Pemda Jakarta berjudul ‘pulau Onrust island’