Pesta Laut ‘Nyadran’ Pulau Kelapa Penuh Manusia

9th Jun 2015

Pesta Laut ‘Nyadran’ Pulau Kelapa Penuh Manusia. Pesta laut atau dibeberapa daerah biasa disebut dengan nyadran, adalah salah satu bentuk syukur penduduk pesisir laut atau masyarakat yang menggantungkan penghasilannya dari laut dengan mengadakan syukuran diatas perahu nelayan. Di kepulauan seribu nampak riuh rendah suasana pesta tersebut. Khususnya di pulau kelapa.

Warga nelayan Pulau Kelapa Dua, Kelurahan Pulau Kelapa, Kecamatan Kepulauan Seribu Utara mengadakan pagelaran pesta laut yang merupakan salah satu bentuk syukur mereka atas tanggkapan ikan di laut selama setahun, Sabtu (30/05/2015) lalu. Bapak Camat di Kepulauan Seribu Utara, Agus Setiawan menjelaskan bahwa acara tersebut merupakan sebuah tradisi dari nenek moyang yang terjadi secara turun temurun atas semua rejeki. Beliau mengungkapkan “Tahun lalu, masyarakat nelayan juga menyelenggarakan pesta laut. Alhamdulillah mereka mendapatkan rejeki yang melimpah. Oleh karena itu, tahun ini mereka lakukan lagi sebagai wujud kesyukuran kepada Allah SWT,”.
pulau kelapa
Tidak hanya acara makan makan saja yang digelar, acara yang penuh khidmat itu sangatlah penting bagi warga disana. Dengan wejangan wejangan adat yang diberikan oleh sesepuh disana. Warga mengiringi dengan lantunan – lantunan shalawat. Agus menambahkan¬† “Kapal miniatur tersebut diturunkan kelaut untuk berlayar. Sedangkan untuk aneka sajian makanan dilakukan syukuran di atas kapal,”. Untuk biaya merupakan hasil dari patungan swadaya nelayan, aguspun mengakhiri perkataannya¬† “Kami berharap tahun mendatang pelaksanaan pesta laut ini bisa lebih ramai lagi jika perlu juga dirangkaikan dengan berbagai kegiatan lomba,”.